Tips Hemat Energi dan Hemat Listrik Di Rumah Anda

Diposting oleh Rudi Abbas | Rabu, Juni 09, 2010 | | 0 komentar »
Bookmark and Share


 “Kalau bisa bayar murah, kenapa mau bayar yang mahal”
Semua orang pasti tertarik untuk bayar lebih murah, termasuk dalam hal energy, tapi kenyataannya masih banyak sekali perumahan, dan perusahaan yang memilih untuk membayar lebih mahal.
Hal ini terjadi, mungkin karena belum tahu bahwa ada cara murah untuk menghemat pemakaian listrik dan energi.
Sebelum kita masuk ke dalam tips menghemat energi, sebaiknya Anda juta tahu, kenapa harus berhemat.
1. Untuk menekan tagihan biaya listrik bulanan minimal 10%
Jadi kalau tagihan listrik bulanan adalah Rp.1juta, maka setiap bulan sudah hemat minimal Rp.100rb, dan 1 tahun sudah hemat Rp.1.2juta.
Tips menghemat listrik di rumah, bisa dilihat di website PLN, klik disini
2. Ikut menjaga kelestarian lingkungan
Jika setiap orang menghemat energi di rumah, selain pengeluaran bulanan Anda makin kecil, Anda juga ikut menjaga kelestarian lingkungan, karena sumber day alam yang digunakan untuk membuat listrik menjadi lebih sedikit dipergunakan.
Selain itu, Anda juga bisa berperan menjaga agar temperatur lingkungan tidak meningkat. Sekarang ini peningkatan temperatur lingkungan rata rata telah meningkat, sehingga menyebabkan es di kutub telah mencair. Akhirnya banyak sistem ekologi menjadi kacau. Kita bisa melihat sendiri perubahan cuaca, bencana alam, dan lain lain.
Oleh karena itu, mulai sekarang kita ambil peran untuk berpartisipasi menghemat penggunaan energi dalam rumah, dan perusahaan, sehingga bumi kita tidak makin panas dan anak cucu kita tetap bisa menikmati dunia yang lebih baik.
Mari kita semua mulai berhemat dengan mengikuti Tips sederhana ini:
1. Kebiasaan berhemat listrik
  •     Matikan semua peralatan listrik seperti lampu, radio, kipas angin, ac, tv, charger handphone, saat sedang tidak dipergunakan
  •       Gunakan AC dengan menutup semua ventilasi ruangan, dan gunakan kipas angin dengan membuka semua sirkulasi udara dalam ruangan
  •       Jika Anda malas mencabut colokan listrik dari peralatan listrik yang ada posisi standby, maka gunakan colokan listrik dengan saklar, sehingga Anda tinggal on/off saat diperlukan. Karena pada posisi standby, listrik tetap dipergunakan dan ini termasuk memboroskan walaupun wattnya sangat kecil. (coba bayangkan jika 1 rumah memboroskan 10 watt sehari karena posisi standby, maka jika dalam 1 lingkungan ada 1juta rumah, maka listrik yang diproduksi PLN akan terbuang 10 JUTA watt/hari karena kebiasaan ini)
2. Gunakan produk hemat listrik
  •       Saat membeli produk listrik (TV, kulkas, komputer, pompa air, AC, dll), selalu perhatikan besarnya watt pemakaiannya. Jika ada pilihan watt yang lebih kecil, pilihlah produk tersebut, karena Anda akan lebih untung, walaupun harga waktu beli lebih mahal
  •       Selalu pilih lampu hemat energi

0 komentar

Posting Komentar

Silakan Meninggalkan Pesan....